Syahrezamarasutanpohan's Blog

SISTEM INFORMASI AKUTANSI | November 3, 2010

Mengapa Universitas Merupakan Suatu Sistem ? Dan Mengapa Suatu Universitas Merupakan Suatu Supersistem Dan Subsistem ?
 Apa Pengertian System ?
Sistem berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi atau . Istilaenergih ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
 Apa Pengertian Supersistem ?
Walaupun istilah supersistem jarang digunakan, sistem seperti ini ada. Jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, sistem yang lebih besar itu adalah supersistem. Dari definisi dan penjelasan diatas dapatlah diambil kesimpulan, suatu sistem terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan. Mobil terdiri dari bagian-bagian sistem yang berinteraksi/kerjasama untuk tujuan mobil tersebut bergerak ke suatu arah. Keluarga, pertama kali terdiri dari 2 individu yang terpisah yang mana individu itu sendiri merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem-subsistem, kemudian bersatu membentuk keluarga untuk mencapai suatu tujuan.
 Apa Pengertian Subsistem ?
Subsistem merupakan komponen atau bagian dari suatu system, subsistem ini bisa fisik ataupun abstrak.
Subsistem sebenarnya hanyalah system di dalam suatu system, ini berarti bahwa system berada pada lebih dari satu tingkat. Misalnya, mobil adalah suatu system yang terdiri dari system-sistem bawahan seperti system mesin, system badan mobil dan system rangka.
 Jadi Mengapa Universitas Merupakan Suatu Sistem
Karena universitas merupakan sekumpulan unsur-unsur / elemen-elemen yang saling berkaitan / berinteraksi serta saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.
Tujuan universitas itu sendiri untuk mencerdaskan dan membangun kreatifitas mahasiswa agar lebih terarah hidupnya untuk menghadapi dunia bisnis dan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
Dan elemen-elemen yang ada di universitas sendiri adalah Rektor, Dosen, Mahasiswa, Staff, Asisten Dosen, dsb.

 Dan Mengapa Universitas Juga Merupakan Suatu Supersistem dan Subsistem?
Karena di dalam universitas terdapat system, yang terdiri dari komponen-komponen / elemen-elemen kecil dengan tingkatan yang lebih rendah dan jika di gabungkan maka universitas akan menjadi sistem yang lebih besar dan saling mempengaruhi dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
Setiap Hari, Suatu Perusahaan telepon Metropolitan Yang Besar Mencetak Ribuan Tagihan. Apakah Tagihan Ini Data / Informasi ?

Setiap Hari, Suatu Perusahaan telepon Metropolitan Yang Besar Mencetak Ribuan Tagihan. Apakah Tagihan Ini Data / Informasi ?
 Apa Pengertian Data ?
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental. hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan Bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan Sumber yang paling jelas untuk pengumpulan data adalah tagihan telepon. Sebelum buru-buru mengumpulkan mereka Namun, pertama-tama menentukan cara di mana layanan telekomunikasi dasar Anda ditagih. Mulailah dengan tagihan telepon lokal dan cabang keluar dari sana. Long-layanan jarak jauh dapat ditagih pada laporan yang sama seperti tagihan lokal atau mereka mungkin disertakan pada tagihan terpisah sama sekali.Jika mereka datang secara terpisah, pastikan untuk memasukkan mereka dalam folder terpisah. Data-data yang dicantumkan dalam tagihan telepon adalah: Rincian pemakaian,jumlah pembayaran,jumlah tagihan bulan lalu,jumlah tagihan bulan ini,total tagihan,tanggal jatuh tempo,sisa angsuran,dan sisa tagihan.


Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: